Sabtu, 21 Februari 2015

Selamat pagi menjelang siang dan selamat berakhir pekan. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu game keluaran dari EA Game Mobile, yaitu SIMCITY BUILDIT. Awalnya, game ini hanya dapat dimainkan di Laptop/PC, namun, EA pada Bulan Desember 2014 mengeluarkan dalam versi mobile, artinya dapat dimainkan di Smart Phone.



Game ini menceritakan tentang kita sebagai Mayor ditugaskan untuk membangun sebuah kota dari awal banget, maksudnya kotanya masih kosongan gitu, tanpa ada bangunan satupun. Lalu, pada awal game ini, kita disajikan beberapa tutorial, seperti pada game-game lainnya, agar kita mengerti bagaimana cara kerja game ini. Jadi, awalnya kita disuruh membangun jalan, terus membangun beberapa pemukiman. Selain itu juga disuruh membangun pabrik yang memproduksi bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun pemukiman. Setelah agak lumayan populasi penduduk kita, kita disuruh memberi nama kota kita, dan saya menamai kota saya adalah Anes Valley kalau tidak salah, hehehe, soalnya lupa udah lama mainnya. Pemberian namanya simple aja, diambil dari akhir nama saya, Anes, sedangkan Valley ga tau, yang kaya kota-kota lain biasanya ditambah Valley. Setelah diteruskan ternyata game ini termasuk game yang susah juga ketika level semakin tinggi. kita lebih sering membutuhkan uang untuk membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh penduduk disana, karena kalau kita tidak memberikannya, penduduk akan pergi, akibatnya populasi berkurang dan pembayaran pajak pun menurun. Intinya game ini adalah memperbanyak populasi penduduk dan membuatnya senang 100% karena dengan banyaknya penduduk akan meningkatkan nilai pajak yang didapatkan sehingga uang kita akan terus bertambah.
 
Game ini saya mainkan sekitar awal Bulan Februai, disaat saya masih liburan kuliah, dan sudah hampir 3 minggu saya mainkan game ini. Berikut perkembangan kota saya yang saya capture pada hari ini, 21 Februari 2015.

Nah, ini adalah tampilan dari pintu masuk kota saya. Terlihat gedung-gedung tinggi yang masih sedikit dan masih banyak lahan yang kosong, karena game ini memang susah dimainkan, perlu strategi juga sih menurut saya.

Ini adalah gerbang depan kota saya, dari pintu masuk langsung dihadapkan pada sebuah bundaran besar yang nantinya akan dibangun sebuah Landmark disana, tapi kelihatannya masih lama, karena butuh Golden Keys untuk membangunnya.

Ini tampilan jika dilihat dari belakang.

Dibelakang juga terdapat bundaran besar, yang disana juga akan dibangun Landmark nantinya.

Ini tampilan tempat bangunan-bangunan yang terdiri dari bangunan pemerintahan, pabrik-pabrik, fasilitas-fasilitas, dan beberapa toko.

Ini adalah bangunan pemerintah, salah satunya adalah rumah saya yang berada ditengah, cukup luas juga, namanya juga Mayor.

Kalau ini adalah toko-toko yang menjual produk-produk yang dibutuhkan untuk membangun pemukiman. Agak aneh sih, masa untuk membangun gedung pemukiman, kita butuh, misalnya, donat, rumput, beef, dan-lain-lain yang kadang tidak masuk akal, namun ada juga yang masuk akal, seperti palu, papan, paku.

Ini pabrik yang memproduksi bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membangun gedung-gedung tinggi. Pabrik-pabrik ini memproduksi metal, wood, plastic, seed, sugar, dan lain-lain, yang nantinya akan dibawa ke toko-toko. Disini juga terdapat fasilitas-fasilitas seperti tempat pengolahan limbah, pembangkit listrik, dan tempat penyimpanan barang-barang.

Ini juga tempat pembagkit listrik, tetapi yang ramah lingkungan dengan menggunakan kincir angin dan solar panel. Disaa juga ada tempat pengolahan air bersih.

Bangunan yang pendek-pendek ini juga termasuk fasilitas-fasilitas, ada Departemen Transportasi, Departemen Pendidikan, Rumah Sakit, Kantor Polisi, Pemadam Kebakaran, dan sekolah.


Sekian tentang pembahasan game SIMCITY BUILDIT ini. Kalau bisa saya akan mengupdate seminggu sekali untuk melihat perkembangan kota saya. Maaf jika ada kata-kata yang salah atau tidak pas karena saya juga masih belajar untuk menulis. Terimakasih kasih.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

f4nd4 mengatakan...

Gimana caranya supaya bisa dapat koin emas banyak gt? Aq susah banget buat ngumpulin nya.. Skrg aq baru lvl 9, mau membuat sewage aja susah bgt ngumpulin nya.. Mau beli sewage yg paling murah nanggung.. Jd.. Ngumpulin uang buat beli yg paling mahal.. 35rb.. Susah....